Sunday, August 24, 2008

serial pengajian tafsir al-quran

Tafsir surat Al-baqarah ayat 90-91
2-3-2008 (Mesjid Al-Mujahidin)
Oleh: H.Rachmat Morado Sugiarto,Lc.MA

Kufurnya Bani Israil terhadap apa yang Allah turunkan dan membunuhnya mereka para Nabi A.S


بِئْسَمَا اشْتَرَوْا بِهِ أَنْفُسَهُمْ أَنْ يَكْفُرُوا بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ بَغْيًا أَنْ يُنَزِّلَ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ عَلَى مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ فَبَاءُوا بِغَضَبٍ عَلَى غَضَبٍ وَلِلْكَافِرِينَ
عَذَابٌ مُهِينٌ (90) وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ آَمِنُوا بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ قَالُوا نُؤْمِنُ بِمَا أُنْزِلَ عَلَيْنَا وَيَكْفُرُونَ بِمَا وَرَاءَهُ وَهُوَ الْحَقُّ مُصَدِّقًا لِمَا مَعَهُمْ قُلْ فَلِمَ تَقْتُلُونَ أَنْبِيَاءَ اللَّهِ مِنْ قَبْلُ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ (91)

Artinya:

90. Alangkah buruknya (hasil perbuatan) mereka yang menjual dirinya sendiri dengan kekafiran kepada apa yang Telah diturunkan Allah, Karena dengki bahwa Allah menurunkan karunia-Nyakepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya. Karena itu mereka mendapat murka sesudah (mendapat) kemurkaan. dan untuk orang-orang kafir siksaan yang menghinakan.

91. Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kepada Al Quran yang diturunkan Allah," mereka berkata: "Kami Hanya beriman kepada apa yang diturunkan kepada kami". dan mereka kafir kepada Al Quran yang diturunkan sesudahnya, sedang Al Quran itu adalah (Kitab) yang hak; yang membenarkan apa yang ada pada mereka. Katakanlah: "Mengapa kamu dahulu membunuh nabi-nabi Allah jika benar kamu orang-orang yang beriman?"


Sebagian tafsiran Ibnu katsir:


Mujahid berkata; Yaitu orang - orang Yahudi yang menukarkan kebenaran dengan kebathilan dan menyembunyikan apa yang dibawa Nabi Muhammad S.A.W yang saharusnya mereka jelaskan. As-Suddi mengatakan ; mereka menjualnya dengan diri mereka sendiri. Sangatlah buruk apa yang mereka gantikkan dan mereka rela dengannya. Mereka berpaling dari membenarkan, menolong nabi Muhammad manjadi kufur dengan apa yang dibawa Muhammad S.A.W. Tidaklah membuat mereka menjadi seperti itu kecuali hasad dan kebencian. Allah mengatakan أَنْ يُنزلَ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ عَلَى مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ . Dari Ibnu 'Abbas mengatakan ; maknanya Allah mengutus akhir Nabi bukan dari bangsa mereka (Yahudi). فَبَاءُوا بِغَضَبٍ عَلَى غَضَبٍ Ibnu Abbas mengatakan: kemurkaan diatas kemurkaan. Allah telah murka kepada mereka atas apa yang mereka perbuat dengan taurat yaitu menyia-nyiakannya padahal mereka memilikinya, ditambah kemurkaan Allah karena kekufuran mereka terhadap nabi yang Allah telah utus kepada mereka. Dan arti بَاءُوا adalah mereka wajib mendapatkan, berhak mendapatkan dan mereka tinggal dalam kemurkaan yang belipat ganda. Abul 'Aliyah mengatakan: Allah telah murka kepada mereka karena kekufuran mereka terhadap Injil dan 'Isa A.S kemudian Allah murka kepada mereka kerena kekufuran mereka kepada Muhammad S.A.W dan kepada Al-Quran. As-Suddi mengatakan : Kemurkaan Allah yang pertama adalah ketika mereka menyembah anak sapi, sedangkan kemurkaan Allah yang kedua ketika mereka kufur terhadap Muhammad S.A.W . Dan firman Allah وَلِلْكَافِرِينَ عَذَابٌ مُهِينٌ karena kekufuran mereka yang disebabkan oleh kehasadan mereka, mereka diberi ganjaran dengan kehinaan dan selalu menjadi kecil. Allah berfirman : إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ sesungguhnya orang-orang yang takabbur akan beribadah kepadaku mereka akan masuk neraka Jahannam dengan hina (Ghafir:60). Dalam hadits hasan :

قال الإمام أحمد: حدثنا يحيى، حدثنا ابن عَجْلان، عن عمرو بن شعيب، عن أبيه، عن جده، عن النبي صلى الله عليه وسلم
قال: "يحشر المتكبرون يوم القيامة أمثال الذر في صور الناس، يعلوهم كل شيءمن الصغار حتى يدخلوا سجنًا في جهنم،
يقال له: بُولَس فيعلوهم نار الأنيار يسقون من طينة الخبال: عصارة أهل النار"

Yang artinya: Akan dikumpulkan orang-orang yang takabbur pada hari kiamat seperti biji-biji kecil dalam bentuk manusia, mereka lebih kecil dari pada segala sesuatu yang kecil sampai mereka memasuki satu penjara di neraka Jahannam yang namanya "Bulas" . kemudian menimpa kepada mereka api-api neraka, mereka diberi minum dari lumpur (yang sangat panas) yang merusak organ tubuh sebagai minuman peras penduduk neraka.
91. وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ dikatakan kepada Yahudi dan yang seperti mereka dari golongan Ahli Kitab. آمِنُوا بِمَا أَنزلَ اللَّهُ yaitu yang diturunkan kepada Muhammad S.A.W, benarkanlah dan ikutilah. Mereka berkata; قَالُوا نُؤْمِنُ بِمَا أُنزلَ عَلَيْنَا cukup bagi kami beriman dengan Taurat dan Injil dan kami tidak mengakui kecuali dengan keduanya. وَيَكْفُرُونَ بِمَا وَرَاءَهُ mereka kufur dengan kitab yang datang setelahnya (Al-Quran).
وَهُوَ الْحَقُّ مُصَدِّقًا لِمَا مَعَهُمْ mereka tahu bahwa apa yang diturunkan kepada Muhammad S.A.W adalah benar. Seperti firman Allah : الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَعْرِفُونَهُ كَمَا يَعْرِفُونَ أَبْنَاءَهُمْ (Al-Baqarah: 146) artinya; yaitu orang-orang yang diberikan al-kitab mereka mengetahuinya sebagaimana mereka mengetahui anak-anak mereka… فَلِمَ تَقْتُلُونَ أَنْبِيَاءَ اللَّهِ مِنْ قَبْلُ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ maknanya apabila kalian benar-benar dalam mengakui keimanan dengan apa yang telah diturunkan kepada kalian maka kenapa kalian membunuh para nabi yang datang kepada kalian yang membenarkan Taurat yang kalian pegang, berhukum dengannya , dan mereka tidak pernah menghapusnya! Kalian mengetahui kebenaran mereka ? Kalian membunuh mereka karena kalian hasad, takabbur dan menentang rasul-rasul Allah. Tidaklah kalian kecuali pengikut hawa nafsu! seperti firman Allah;
أَفَكُلَّمَا جَاءَكُمْ رَسُولٌ بِمَا لا تَهْوَى أَنْفُسُكُمُ اسْتَكْبَرْتُمْ فَفَرِيقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيقًا تَقْتُلُونَ (Al-Baqarah;87) artinya ; ِApakah setiap datang kepada kalian seorang rasul yang tidak sesuai dengan keinginan (hawa nafsu) kalian, kalian menjadi takabur, satu golongan diantara kalian mendustakan dan golongan lainnya membunuhnya. . Ibnu jarir berkata; Allah dustakan dakwaan Iman mereka karena mereka telah membunuh nabi-nabi mereka padahal Allah telah mengharamkan kepada mereka dalam Taurat untuk membunuh para nabi dan menyuruh mereka untuk ikut dan membenarkan mereka.

No comments:

Post a Comment

tinggal kan comment anda disini