Wednesday, August 20, 2008

serial penjelasan hadits al-arba'in nawawiyah 19

Hadits yang ke 19
5-7-2008 (mesjid Al-Falah)
Oleh: H.Rachmat Morado Sugiarto


Menjaga Agama Allah

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ
كُنْتُ خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا فَقَالَ يَا غُلَامُ إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ احْفَظْ اللَّهَ يَحْفَظْكَ احْفَظْ اللَّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلْ اللَّهَ وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَاعْلَمْ أَنَّ الْأُمَّةَ لَوْ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ لَكَ وَلَوْ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَيْكَ رُفِعَتْ الْأَقْلَامُ وَجَفَّتْ الصُّحُفُ
قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Yang artinya:

Dari Ibnu Abbas (R.A) ia berkata:
Saya pernah berada dibelakang Rasulullah S.A.W beliau berkata: Wahai anak aku mengajarkan engkau beberapa kalimat: jagalah (agama) Allah niscaya Allah akan menjagamu, jagalah agama Allah niscaya engkau akan mendapatkan Allah didepanmu, apabila engkau meminta maka mintalah kepada Allah , ketahuilah bahwa ummat apabila mereka berkumpul untuk memanfa'atkanmu untuk sesuatu mereka tidak akan memanfa'atkanmu kecuali untuk sesuatu yang telah Allah tetapkan kepadamu. Apabila mereka berkumpul untuk membahayakanmu mereka tidak akan membahayakanmu kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tentukan kepadamu. Pena telah diangkat. Lembaran-lembaran telah kering.

Hadits riwayat Tirmizi ia berkata : ini hadits hasan shahih (hadits shahih)


Penjelasan :

1) Yang dimaksud dengan jagalah Allah adalah menjaga syari'atnya, batasan-batasannya. Maka Allah menjaga dalam agama kita,keluarga, harta dan jiwa karena Allah membalas orang yang berbuat baik dengan kebaikan.
2) Yang dimaksud dengan kamu akan dapatkan Allah dihadapanmu : kamu akan dapatkan Allah didepanmu menunjukkan kamu kepada jalan kebaikan mendekatkan kamu kepadanya dan memberikan kamu hidayah.
3) Apabila kamu meminta maka mintalah kepada Allah jangan meminta kepada suatu mahluk sesuatupun. Dan apabila kamu meminta kepada manusia apa yang bisa mereka lakukan maka ketahuilah bahera manusia itu hanya sebab dari sebab-sebab dan ketahuilah bahwa Allah lah yang mempunyai segala sebab maka berpegang teguhlah kepada-Nya.
4) Ketahuilah bahwa seluruh ummat manusia ingin memanfa'atkanmu mereka tidak akan memanfa'atkanmu kecuali untuk sesuatu yang telah di tetapkan kepadamu. Maksudnya walaupun ummat manusia , seluruhnya, sebagiannya, kebanyakannya ingin memanfa'atkanmu mereka tidak akan bisa memanfa'atkanmu kecuali untuk sesuatu yang telah di tetapkannya oelh Allah ,hal itu bisa terjadi atau tidak . apabila terjadi bisa keseluruhannya,sebagian banyak atau sebagian kecil saja. Oleh sebab itu kita harus bersandar kepada Allah. Karena suatu ummat tidak akan mendapatkan kebaikan kecuali dengan izin (kehendak) Allah. Begitu juga yang menginginkan keburukan atau bahaya, ummat semua tidak akan memberikan bahaya itu kecuali dengan apa yang Allah tetapkan terjadi, tidak terjadi, terjadi sebagiannya atau seluruhnya. Namun tidak mengapa untuk menghilangkan keburukan itu karena Allah berfirman "dan balasan kejahatan adalah kejahatan yang serupa"
5) Yang dimaksud dengan telah diangkat pena dan lembaran-lembaran telah kering adalah segala ketentuan Allah tidak bisa diganti. Semua orang tergantung dengan ketetapan-ketetapan-Nya.
6) Dalam riwayat lain selain tirmizi : satu riwayat abu daud
وَتَعْلَمَ أَنَّ مَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ وَأَنَّ مَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيبَكَ
Dan kamu mengetahui bahwa apa yang menimpamu tidaklah salah (nyasar) dan apa yang tidak menimpamu tidak akan menimpamu.

Pelajaran dari hadits:

1) Nabi bersikap lembut dengan yang lebih muda. perkataanya "wahai anak".
2) Nabi tidak pernah membedakan yang senior dan junior.
3) Abdullah bin 'Abbas adalah sahabat yang masih sangat muda namun sangat cerdas.
4) Bahwa ketika ingin menyampaikan hal yang penting maka sebaiknya memulai dengan sesuatu yang bisa menarik perhatian. "wahai anak aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat"
5) Barang siapa yang menjaga agama Allah maka Allah akan menjaganya dan barang siapa yang menyia-nyiakan agama Allah maka Allah akan menyia-nyiakannya dan tidak akan menjaganya.
6) Barang siapa yang manjaga agama Allah maka Allah akan menunjukkannya kepada jalan kebaikan dan barang siapa yang selalu menjaga Allah maka Allah akan menjauhkannya dari keburukan.
7) Orang yang membutuhkan pertolongan maka memintalah pertolongan itu kepada Allah namun tidak mengapa meminta pertolongan kepada manusia apa yang ia mampu seperti mengambil air , menaikkan barang ke kendaraan dan lain-lain.
8) Seseorang muslim harapannya harus bergantung kepada Allah dan jangan bergantung kepada manusia karena manusia tidak memiliki kebaikan dan keburukan.
9) Segala sesuatu telah ditetapkan dan final.
10) Manusia apabila allah telah tetapkan kepadanya sesuatu maka sesuatu itu tidak pernah akan salah (mengenai orang lain) dan apabila Allah tidak menetapkan sesuatu kepadanya maka sesuatu itu tidak akan menimpanya.
11) Kabar gembira bagi orang yang sabar , sabar adalah temannya kemenangan.
12) Kabar gembira bahwa manusia apabila terkena suatu kesusahan maka tunggulah datangnya kemudahan karena Allah telah menyebutkan dalam Quran-Nya
Maka Sesungguhnya dengan kesusahan itu akan dating kemudahan, sesungguhnya dengan kesusahan itu akan datang kemudahan.
فإن مع العسر يسرا إن مع العسر يسرا
Apabila datang kepada kita sutu kesusahan maka bersandarlah kepada Allah tungguhlah janjiNya dengan kemudahan,

No comments:

Post a Comment

tinggal kan comment anda disini