Saturday, December 6, 2008

virus flashdisk

flash disk adalah alat yang paling mudah untuk mentransfer data dari satu pc ke pc lain. selain bentuknya yang kecil, flash disk juga dapat menyimpan data dengan mudah dan cepat. flash disk tidak butuh untuk menginstall drivernya. cukup plug dan remove safely...ini untuk yang menggunakan windows xp above (vista dan windows seven - akan release awal 2010).
namun flash disk yang sangat memudahkan kita ini dalam mentransfer data from one pc to other pc bisa merusak system pada komputer dengan membawa virus yang sangat mematikan.
ada beberapa hal penting yang harus dilakukan ketika ingin mentransfer data dari satu pc ke pc yang kita miliki:

1. pastikan komputer yang kita akan ambil data darinya mempunyai antivirus (apa pun) yang sudah ter update virus data base nya.
2. ketika telah menyimpan data dari pc tersebut kemudian kita ingin memindahkannya ke pc kita jangan langsung di double click alias meng open atau meng explore flash disk tersebut karena dengan meng open flash disk tersebut berarti kita sama saja membukakan pintu untuk si virus dan dia akan menyebar di komputer kita dengan sangat ganas dan cepat.
3. scan flash disk tersebut dengan antivirus yang kita miliki (tentunya yang telah ter update vdbnya minimal seminggu sebelumnya telah terupdate karena virus lahir dan dicipitakan "daily" perhari) scan dengan sabar sampai complete. jika antivirus mendetect adanya virus anda segera heal (pada avg), atau delete all (pada avast anti virus), atau quarantine (pada symantec).
4. bukalah flash disk tersebut dan pindahkan lah data dengan aman


beberapa virus yang sering menjangkiti di flash disk :


virus yang banyak menjangkiti flash disk:

1. auto run infinitive. virus ini datang dengan "temannya" yaitu vbs. script. virus ini berfungsi meng lock drive pada pc sehingga drive tidak bisa bisa di double click langsung untuk melihat folder-foldernya... sehingga kita harus mengklik folder pada menu bar pada windows explore baru akan tampil drive-drive disebelah kiri.. virus ini tidak membahayakan file namun virus ini bikin " gregetan" karena kita tidak bisa meng open drive langsung...virus ini memnempel terus walaupun kita memformat ulang windows alias system
untuk menghapus virus ini saya sudah mencoba avg dan symantec namun keduanya tidak bisa menghapusnya yang dapat menghapusnya adalah avast anti virus.
untuk virus auto run infinitive dihapus oleh avast yaitu avast menghapus vbs. script nya kemudian akan tersisa autorun.inf . autorun ini bisa di delete secara manual pada keadaan hidden files di tampakkan ..

pada menu bars pada windows explorer klik tools klik option klik view
check list pada
1. show hidden files
2. show system files
3. show protected files

baru kembali pada lokasi yang ada autorun . inf dan hapus secara manual .. alhamdulillah bisa terhapus
2. virus kedua adalah "mouseserve.exe. virus ini juga sering menjangkiti flash disk namun untungnya dapat di detect oleh symantec juga dan juga avg delete atau heal kemudian save removely flash disk baru plug lagi ke pc dengan demikian akan hilang virusnya
3. virus yang ketiga adalah virus "application" virus ini adalah virus baru di temukan. virus ini menyerang file dengan type microsoft word dan merubahnya menjadi file application yang secara perlahan akan menjadikan file word tidak bisa di buka.
untuk virus application tersebut bisa diditeksi hanya oleh symantec anti virus.. avast tidak mendetectnya sama sekali sebagai virus.. ciri pada files yang ter infeksi virus ini lihat pada type di sebelah file name nya kalau type nya bukan microsoft word dan menjadi " application" maka telah terjangkit virus tersebut.. virus ini mematikan mengubah semua file word menjadi aplikasi allias exe pada setiap bagian dari komputer... namun jangan panik ..... walaupun avast tidak berkutik dan diam saja tidak mendetect nya sebagai virus .. maka install lah symantec anti virus versi 10 corporate edition .. dan ini sudah free dan full version bisa di cari dan di download dari situs seperti www.4shared.com di search cari symantec anti virus..
ketika sudah di download maka langsung update virus databasenya melalu situs resmi simantec .. click scan pada hard disk atau flash disk yang telah terjangkit virus ini... virus ini langsung di clean oleh symantec dan setelah complete ia akan meminta untuk re strat berulang-ulang komputer lakukan saja nanti ia kan membersihkan virus mematikan tersebut..

setelah di re start hidden files akan menjadi terlihat dan file word menjadi hidden files . mereka telah selamat dari virus application tersebut bisa dibuktikan file yang tertulis di type nya "application" telah hilang dan di hapus oleh symantec... kalau hidden files nya ingin di hide lagi maka file-file word tadi di save as dalam bentuk lain atau nama lain .. namun kalau ingin tetap hidden filesnya terlihat maka biarkanlah karena virusnya telah di basmi...