Monday, October 29, 2012

Pembawa berhala ke kota Mekkah


Kisah Berhala di Kota Mekkah

 

Masyarakat Arab awalnya mereka mentauhidkan Allah S.W.T.. Mereka yang adalah keturunan Nabi Ismail A.S. menyembah Allah semata dan tidak menyekutukanya dengan sesuatu pun. Sehingga lahirlah seorang yang bernama Amr bin Luhayy di kota Mekkah. Ketika ia besar ia dikirim belajar ke negeri Syam (Syria) untuk memperdalam ilmu agama. Amr bin Luhayy pergi ke negeri Syam dan menyaksikan penduduk Syam menyembah berhala. Mereka mempunyai berhala yang mereka buat. Amr bin Luhayy meniru dan membuat berhala sepertinya dan ia beri nama Hubal. Kemudian ia menyembahnya sebagaimana penduduk Syam menyembah. Ketika ia pulang ke kampungnya Mekkah, ia mensosialikannya kepada penduduk Mekkah. Tanpa proses yang lama penduduk Mekkah mengikutinya dan membuat berhala Hubal ini. Mereka sangat percaya kepada Amr bin Luhayy karena dianggap tokoh agama di kota Mekkah.

Semua penduduk Mekkah mempunyai Hubal ini dan menyembahnya. Suatu hari Hubal yang di tangan Amr bin Luhayy hilang tangannya. Kemudian ia ganti dengan tangan emas. Bukan hanya menyembah Hubal, penduduk Mekkah membuat berhala-berhala lain dan memerinya nama. Lata, Uzza dan Manat, itulah nama berhala-berhala baru yang mereka sembah.

Datanglah masa dimana Ka’bah dipenuhi berhala Lata, Uzza dan manat. Setiap kali Musyrik Quraisy Thawaf di Ka’bah mereka menyembah berhala-berhala ini dan memberikan sesajian kepadanya.

Ketika penduduk Mekkah telah berubah akidahnya dan meninggalkan tauhid mereka pun menjadi masyarakat yang rusak akidahnya, kemudian akhlaknya yang disebut dengan masyarakat Jahiliyyah yaitu bodoh dalam keyakinan dan akhlak.