Tuesday, November 18, 2008

Arti bulan-bulan Islam

Arti Bulan-Bulan Islam

Mungkin kita lebih hafal bulan-bulan masehi dari pada bulan-bulan islam/hijriyah. Bulan – bulan islam yang kita miliki sebenarnya memiliki arti-arti. Bulan-bulan itu bukan hanya sekedar nama. Berikut arti bulan-bulan tersebut:
1. Muharram adalah bulan pertama dalam bulan-bulan Islam. Dinamakan bulan muharram karena orang arab sebelum islam mengharamkan peperangan pada bulan itu.
2. Shafar adalah bulan yang kedua. Diberi nama seperti itu karena negeri-negeri arab menjadi kuning. Dalam arti negeri-negeri itu kosong dari penduduknya. Karena mereka keluar untuk perang dan mencari makanan dan berpergian menjauhi udara panas.
3. Rabi’ul Awwal. adalah bulan yang ketiga dari bulan islam yang berarti musim semi. Penamaan bulan ini terjadi pada musim semi. Oleh sebab itu dinamakan dengan “rabi’” yang berarti musim semi.
4. Rabi’ul Akhir. Diberi nama itu karena bulan ini masih dalam musim semi pada waktu itu. Tidak disebut rabi’ul tsani karena hal itu akan menimbulkan kesan bahwa bulan itu ada ketiga nya “ats-tsalits” padahal bulan rabi’ ada dua saja.
5. Jumadal Ula: diberi nama seperti itu karena bulan ini berada pada musim dingin pada waktu itu. Ketika Air menjadi beku.
6. Jumadal Akhirah. Diberinama seperti itu karena bulan itu ketika itu berada pada musim dingin juga. Tidak juga disebut jumada tsaniyah untuk menghilangkan dugaan adanya jumada tsalitsah ( jumada yang ketiga). Padahal jumada hanya ada dua.
7. Rajab. Diberinama seperti itu karena orang arab ketika itu mengagungkan bulan itu dengan meninggalkan peperangan. Dikatakan rajabasy-syai’a artinya mengagungkan sesuatu .
8. Sya’ban. Bulan yang kedelapan. Dinamakan sya’ban karena orang arab pada waktu itu berpencar untuk melakukan peperangan setelah mereka berdiam di bulan rajab.
9. Ramadhan adalah bulan yang kesembilan. Ramadhan diambil dari ramdha yaitu sangat panas. Ketika itu bukan ini sangat panas. Dari ramadhatil hijarah apabila batu menjadi panas karena matahari.
10. Syawwal bulan ke 10. Dinamakan syawwal karena waktu itu onta berkurang dan kering susunya. Ada juga arti yang kedua yaitu syawwal. Dari kata شول yang artinya mengangkatnya. Bulan syawwal adalah bulan peningkatan.
11. Zul Qa’dah: dinamakan seperti itu. Karena orang arab ketika itu berdiam dari berperang mereka menganggapnya sebagian dari bulan-bulan haram.
12. Zul Hijjah bulan ke 12. Karena orang arab mengenal haji pada bulan ini.
Bulan haram ada 4 : muharram, dzul qa’dah, dzul hijjah dan rajab. Didalam bulan-bulan ini diharamkan terjadinya pertumpahan darah.

No comments:

Post a Comment

tinggal kan comment anda disini