Saturday, November 8, 2008

serial penjelasan hadits arba'in hadits 21

Hadits 21
Istiqamah dan Iman
عَنْ سُفْيَانَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الثَّقَفِيِّ قَالَ
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قُلْ لِي فِي الْإِسْلَامِ قَوْلًا لَا أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَدًا بَعْدَكَ وَفِي حَدِيثِ أَبِي أُسَامَةَ غَيْرَكَ قَالَ قُلْ آمَنْتُ بِاللَّهِ فَاسْتَقِمْ
Dari Sufyan bin Abdullah Ats-Tsaqafi ia berkata: saya berkata: Wahai Rasulullah katakanlah dalam Islam satu perkataan yang tidak akan aku tanyakan tentang itu kepada seseorang setelahmu (dalam hadits Usamah kepada seseorang selainmu). Bersabdalah Rasulullah S.A.W : katakanlah “saya beriman kepada Allah maka istiqamah-lah (H.R.Muslim)
Penjelasan:
Arti istiqamah
Istiqamah dalam bahasa arab berarti lurus seperti dalam firman Allah S.W.T:
إهدنا الصراط المستقيم
Tunjukan kami jalan yang lurus.
Dalam istilah adalah:
Tetap dan teguh dalam syari’at Allah sebagaimana yang diperintahkan Allah dilandasi dengan ikhlas (Dr.Fahl). Istiqamah juga diartikan dengan teguh dalam ta’at. Istiqamah juga diartikan mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah S.A.W (AL-Qari). Juga diartikan dengan menempuh jalan yang lurus yaitu agama yang lurus tanpa berbelok dari jalan itu ke kanan atau ke kiri, dan itu mencakup melakukan ta’at secara keseluruhan baik yang zhahir (Nampak) ataupun yang bathin (yang tidak Nampak) (ibnu rajab). Istiqamah juga mengamalkan syari’at secara sempurna tanpa berpaling darinya sejengkalpun (ibnu ‘asyur).
Pembagian istiqamah:
Istiqamah hati
Yaitu istiqamah dalam tauhid. apabila hati benar-benar mengenal Allah, takut kepada-Nya, mengagungkannya, mengharapkannya, berdo’a kepadanya, pasrah diri kepada-Nya, berpaling dari selain-Nya maka seluruh anggota tubuh akan beristiqamah. Hati adalah rajanya anggota tubuh. Anggota tubuh adalah tentaranya. Apabila raja telah istiqamah maka tentara dan rakyatnya akan istiqamah juga. Oleh sebab itu dalam hadits yang telah kita pelajari:
Ingatlah dan sesungguhnya didalam jasad ada segumpal daging apabila segumpal daging itu baik maka baik pula lah seluruh jasad. Apabila segumpal daging itu rusak maka rusak pula lah seluruh jasad . itu adalah hati/jantung.
Istiqamah lisan
Dari anggota tubuh yang paling penting adalah lisan/lidah. Ia adalah yang mengungkapkan dari isi hati dan yang meng ekspresikannya. Dalam riwayat tirmizi dengan tambahan: berkata Sufyan bin Abdullah ats-tsaqafi: apakah yang engkau paling khawatirkan dari diriku? Kemudian rasulullah S.A.W memegang lidahnya sendiri dan mengakatakan “ini” (yang paling aku khawatirkan dari dirimu).
Dalam hadits shahih riwayat imam ahmad dari Anas bin Malik R.A:
لَا يَسْتَقِيمُ إِيمَانُ عَبْدٍ حَتَّى يَسْتَقِيمَ قَلْبُهُ وَلَا يَسْتَقِيمُ قَلْبُهُ حَتَّى يَسْتَقِيمَ لِسَانُهُ وَلَا يَدْخُلُ رَجُلٌ الْجَنَّةَ لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ
Tidaklah lurus iman seseorang sampai lurus hatinya dan tidaklah lurus hatinya sampai lurus lisannya dan tidaklah masuk surga seseorang yang tidak merasa aman dengannya tetangganya.

Faidah-faidah istiqamah:
a. Istiqamah adalah keteguhan dan kemenangan
b. Orang yang istiqamah akan dihindarkan dalam hidup mereka dari ketakutan dan kesedihan
c. Orang yang istiqamah akan dimasukkan surga
Allah berfirman dalam surah fushilat ayat 20-21 yang artinya:
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan Tuhan kami adalah Allah kemudian mereka beristiqamah akan turun kepada mereka para malaikat (yang berkata); janganlah engkau takut dan sedih dan bergembiralah dengan surga yang telah dijanjikan kepada kalian.
Kami adalah pelindung kalian di dunia dan di akhirat dan bagi kalian di dalamnya apa yang kalian inginkan dan bagi kalian apa yang kalian panggil”.
Pentingnya istiqamah:
Tidak ada sesuatu yang menunjukkan pentingnya istiqamah lebih dari perintah Allah S.W.T kepada nabi-Nya untuk ber istiqamah dalam firmannya surah hud ayat 112: فاستقم كما أمرت
“maka istiqmah-lah sebagaimana yang engkau telah diperintahkan”..
Pelajaran dari hadits:
Semangat sahabat dalam mempelajari agama dan menjaga keimanan mereka.

2 comments:

  1. kSalam ooom Rahmat... pa kabar nih??
    Isi blognya bagus.. tpi tampilannya perlu dipermak nih oom, biar menarik pengunjung ...
    Sii deh, sukses selalu.
    Iman :)

    ReplyDelete

tinggal kan comment anda disini